Rafting atau yang kita kenal dengan arung jeram adalah salah satu olahraga yang dipadu padankan dengan unsur rekreasi, edukasi dan menantangadrenalin. Dengan menggunakan media boat karet dan dayung, anda akan menyusuri sungai dengan berbagai macam rintangan. Bagi anda yang berada di Bandung, bisa sekali rafting di Bandung, karena ada beberapa sungai yang rekomended untuk menantang adrenalin anda.
Pertama ada sungai palayangan yang bisa anda coba. Berlokasi di jalan situ cileunca, Wanasari, Pangalengan, bandung Jawa Barat. Dengan kondisi sungai yang tidak terlalu lebar, dan pangjang sungai lima kilometer anda bisa mencobanya ketika ada waktu luang. Selain sungai palayangan, sungai yang bisa buat rafting bandung adalah sungai cisangkuy. Berlokasi di Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. dengan kondisi sungai yang lebar serta panjang 11 km bisa memakan waktu kurang lebih 3 jam.
Nah sebelum rafting tentu banyak yang perlu disiapkan selain mental dan fisik ada juga budget yang harus disesuaikan. Tapi tenang saja biasanya ada paket paket yang bisa anda pilih dan tentunya lebih hemat. Namun dalam artikel kali ini lebih menekankan apa saja yang perlu dilakukan saat rafting, karena rafting bukan hanya satu orang yang bekerja melainkan kerja team, jadi berikut ini adalah hal hal yang perlu diperhatikan sebelum rafting :
1. Memilih partner yang tepat
Hal yng perlu diperhatikan pertama adalah partner rafting. Karena bukan waktu sebentar menyusuri sungai dengai beragam jeram, maka pilih partner yang bisa diajak kerja sama, selalu kompak dan satu fekuensi dengan anda.
2. Pahami kondisi sungai
Jika anda akan rafting sebaiknya cari informasi terkait sungai yang akan diarungi. Apalagi bagi pemula, meskipun ada pengamanan dan pemandu tapi tetap saja akan merasa deg degan karena arung jeram ini menjadi pengalaman pertamanya. Maka usahakan cai informasi sebanyak mungkin tentang sungai yang akan diarungi sesuaikan dengan kemampuan anda.
3. Konsentrasi dan Berpikir Positif
Pastikan saat rafting anda berkonsentrasi dan berpikir positif, karena ini akan sangat membantu saat rafting. Sungai bukan daratan, karena kita tidak tahu jeram seperti apa yang ada di depan nanti.
4. Perhatikan Kondisi Tubuh
Ini menjadi poin penting, karena ketika sudah rafting anda sudah berada di jalur yang tidak banyak orang. maka sebaiknya pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan prima, dan pastikan perut tidak dalam kondisi kosong. Karena ini akan berpengaruh pada semuanya, konsentrasi terganggu, team juga bisa terganggu.

Ke empat hal tadi perlu diperhatikan, selain keempat hal tadi pastikan berdoa sebelum melakukan rafting, dan selalu percaya kepada rekan anda. perhatikan juga perlengkapan keselamatan anda,pastikan pengaman yang anda gunakan dalam kondisi baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *